PostHeaderIcon Cara Memotong Kuku Jari Yang Benar


Cara Memotong Kuku Jari Yang Benar. Kuku merupakan organ tubuh manusia yang berguna untuk melindungi saraf-saraf yang berada di ujung jari.  Tanpa disadari kuku merupakan tempat yang bagus bagi pertumbuhan kuman dan cacing, terutama kuku kaki yang bersentuhan langsung dengan tanah. Karena organ tubuh ini begitu penting, maka kita wajib merawatnya.

Kesehatan kuku jari bisa sebagai tolak ukur dalam menilai kebersihan, perawatan diri, status gizi bahkan status psikologis seseorang. Kuku yang kotor, tidak terawat, dan panjang selain tidak sedap dipandang, juga dapat mengganggu pergerakan, menimbulkan cedera, bahkan infeksi.

Definisi Kuku

Kuku terdiri dari sel epidermis yang mati kemudian mengeras dan berubah bentuk, tumbuh di ujung jari. Akar kuku merupakan pangkal kuku yang tertanam di dalam kulit dekat tulang jari. Pada umumnya kuku berwarna kemerahan akibat dari banyaknya pembuluh darah kapiler di bawah permukaannya.

Kuku manusia selalu tumbuh tanpa batas, pada kuku tangan kecepatan pertumbuhannya mencapai setengah sampai satu setengah milimeter dalam satu minggu, sedangkan kuku kaki hanya seperempat dari kecepatan pertumbuhan kuku tangan. Pertumbuhan kuku dipengaruhi tingkat asupan nutrisi, terutama kalsium.

Jika diteliti secara kimia, jaringan kuku sama dengan rambut yang terbentuk dari keratin protein yang banyak mengandung sulfur.

Manfaat Kuku

Kuku berfungsi untuk melindungi ujung jari yang penuh dengan reseptor jaringan saraf, serta dengan adanya kuku dapat meningkatkan daya sentuhan jari karena ujung jari sendiri terdiri dari kulit yang lembut.

Alat Dan Bahan untuk Memotong Kuku

  • Gunting kuku, sebaiknya yang tajam, karena gunting kuku yang tidak tajam membuat ujung kuku tidak rata.
  • Waskom yang berisi air hangat  (air hangat yang berisi perasan jeruk jika ada).

Cara Memotong Kuku

  • Sebelum kuku dipotong, rendam dulu jemari tangan atau kaki yang akan dipotong dalam air hangat selama 10 menit. Hal ini berfungsi untuk membuat kuku lebih lembut dan mudah dipotong.
  • Guntinglah kuku di bawah sinar yang terang agar Anda dapat melihat jelas bagian yang masih kurang rapi.
  • Potong kuku dengan arah melengkung sesuai bentuk jari.
  • Hindari menarik kuku saat belum terpotong sempurna. Hal ini dapat membuat kuku terkelupas dan jari bisa terluka.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek. Lapisan kulit di bawah kuku sangat lembut, jika tidak terlindungi, lapisan tersebut akan mudah iritasi.
  • Setelah memotong kuku, gunakan kikir kuku untuk merapikan ujung kuku yang tajam.

 

Cara Membersihkan Kuku Sehari-hari

Untuk membersihkan kuku, dapat dilakukan dengan merendam kuku dalam air hangat yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis dam madu. Rendam tangan atau kaki selama kurang lebih 15 menit. Air hangar dapat membuat kulit di sekitar kuku menjadi lunak sehingga mudah untuk dibersihkan, khususnya pada daerah pinggir kuku yang sering dimasuki kotoran.  Air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam, sedangkan madu kaya akan nutrisi yang dibutuhkan sel-sel kuku.

Gunakan pisau kuku untuk membersihkan daerah pinggir kuku.  Jangan menggunakan alat yang lain (ujung pisau dapur, ujung gunting kertas, karena dapat membuat jari luka).

Untuk menjaga kesehatan kuku dari dalam dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu dan keju.

 

Hati-Hati Menggunakan Pewarna Kuku

Jangan menggunakan pewarna kuku, meskipun mampu meningkatkan penampilan. Zat yang terkandung pada pewarna kuku dapat mematikan sel kuku. Jika memang terpaksa menggunakan pewarna kuku, gunakan yang terbuat dari bahan alami.

 

 

Artikel Lainnya:

  1. Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung.
  2. Makan Buah untuk Menjaga Kesehatan.
  3. Tips Sehat Bagi Penderita Kencing Manis.
  4. Tips Agar Cepat Hamil.
  5. Pengobatan Darah Tinggi.

 

 

 


Leave a Reply

*

Download ASKEP

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2016 NursingBegin.com.