PostHeaderIcon Diet Sehat


.

Diet Sehat


Memiliki tubuh yang sehat dan langsing adalah dambaan setiap orang terutama bagi kaum wanita. Banyak orang yang rela sampai mengeluarkan uang untuk mengikuti berbagai program diet. Tetapi Anda juga perlu berhati-hati untuk memilih program diet yang tepat.

diet-sehatDiet bukan berarti tidak makan makanan dari kelompok makanan tertentu, misalnya program diet yang hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan saja. Program seperti ini juga tidak sehat, karena tubuh juga memerlukan bahan makanan dari protein, karbohidrat dan lain sebagainya. Jadi meskipun Anda mengikuti diet dengan sayuran dan buah-buahan saja, Anda juga perlu mengimbangi asupan nutrisi lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips diet sehat yang bisa Anda terapkan, antara lain :

1.            Biasakan diri untuk sarapan pagi

Sarapan di pagi hari sangat penting bagi tubuh untuk menyuplai energi yang diperlukan untuk menghadapi rutinitas pagi agar terhindar dari mengonsumsi makanan ringan bergula atau berlemak ketika merasa lapar.

2.            Lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan

Salah satu program diet yang aman bagi tubuh adalah diet dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar. Program ini jauh lebih baik karena dari sayuran dan buah segar banyak ditemukan fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet. Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tinggi itu dapat pula menghindarkan Anda dari serangan jantung dan kanker.

Berikut beberapa buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan :

Apel

Apel mengandung karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh dan kaya pectin (sejenis serat). Apel mengandung flavonol yang disebut quercetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan antikanker. Quercetin juga mengandung bahan antiradang sehingga bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis. Sedangkan kandungan gizinya, apel mengandung vitamin C tapi tidak sebanyak buah jeruk.

Stroberi

Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix dan lidah. Sebagai obat tradisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C.

Pisang

Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat perasaan relaks dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Tidak seperti buah-buahan lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potasium.

Melon

Melon mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker. Melon merah dan oranye juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radical dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Melon merupakan sumber carotenoid dan juga mengandung vitamin C.

Jeruk

Jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C dan folate.

Mangga

Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta crytoxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya carotenoid, serat, dan vitamin C.

Kiwi

Kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut warna hijau. Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker. Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi persyaratan konsumsi vitamin C orang dewasa.

Anggur

Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, antikanker, antibakteri, dan mengandung antioksidan. Anggur memiliki kandungan serat dan vitamin C yang rendah.

Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat serta mengandung kadar gula yang tinggi.

3. Makan secara teratur dengan menu dan porsi yang cukup

Makan dengan porsi kecil tetapi sering, misalnya makan tiap 4 jam sekali membuat Anda bisa mengontrol porsi makan, dibandingkan makan tiap 6 jam yang dapat membuat perut lapar, dalam kondisi perut lapar, lebih sulit Anda mengontrol porsi makan. Ada prinsip yang baik digunakan sebagai pedoman diet yaitu “makan sebelum lapar, dan berhenti makan sebelum kenyang”

4. Banyak minum air putih

Sebagian besar tubuh terdiri atas air yang berfungsi sangat vital dalam membantu metabolisme tubuh. Dalam sehari Anda sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas.

5. Berolahragalah secara teratur

Jadikan olah raga sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan lagi. Ber-aerobik dengan musik kesukaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ajak keluarga untuk ikut bergerak.  Dengan berolah raga secara teratur, akan membuat tubuh Anda sehat dan bugar.

6. Gosok gigi segera

Setelah makan malam segera gosok gigi untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis, sehingga Anda tidak makan lagi.

7. Jangan sekali kali kompensasikan perasaan ke makanan

Kebiasaan yang sangat tidak baik bila Anda makan berlebih disaat-saat perasaan Anda sedang buruk ataupun terlalu gembira. Pada umumnya orang yang terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya.


2 Responses to “Diet Sehat”

Leave a Reply

*

Download ASKEP

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2017 NursingBegin.com.