PostHeaderIcon Konsumsi Vitamin Disaat Hamil Cegah Tumor Otak Anak


Konsumsi Vitamin Disaat Hamil Cegah Tumor Otak Anak

 

Wanita yang mengkonsumsi multivitamin pada awal kehamilannya ternyata dapat menurunkan risiko berbagai tipe dari tumor otak.   Saat ini berbagai kelompok kesehatan masyarakat telah menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi multivitamin yang mengandung asam folat pada awal kehamilan untuk menekan janin mengalami gangguan neural tube seperti spina bifida.

Suatu penelitian menjelaskan adanya manfaat lain dari multivitamin yang dikonsumsi oleh ibu pada awal kehamilannya.  Dikatakan pemimpin penelitian Greta R. Bunin, Ph.D, dari Children’s Hospital, Philadelphia bahwa anak yang berasal dari ibu yang rutin mengkonsumsi multivitamin pada masa kehamilannya tampaknya akan berkurang risiko terkena medulloblastoma dan tumor neuroectodermal di otaknya.

Pada masa anak-anak kejadian tumor otak memang lebih jarang terjadi, namun medulloblastoma merupakan urutan dua teratas penyebab tumor pada anak. Kejadiannya satu dari 20.000 anak yang berusia dibawah 6 tahun. biasanya terjadi di cerebellum, dibawah portio dari otak dan di area otak yang berfungsi mengatur gerakan. Primitive neuroectodermal tumors (PNET) mirip dengan medulloblastoma namun terjadinya dibagian lain dari SSP.  Dr. Bunin pemimpin penelitian tersebut membandingkan 315 anak yang didiagnosis menderita tumor sebelum usia 6 tahun.

Mereka yang dilakukan penelitian telah didiagnosis antara tahun 1991 hingga 1997.  Para ahli tersebut melakukan penelitian dengan memberikan pertanyaan kepada ibu penderita.  Efek perlindungan pada ibu yang mengkonsumsi multivitamin pada awal masa kehamilan sangat signifikan, sedangkan bila multivitamin baru dikonsumsi pada kehamilan melewati trimester satu tampaknya tidak menunjukkan hasil yang signifikan dalam menurunkan risiko terjadinya meduloblastoma dan PNET. Temuan ini menyimpulkan bahwa saat konsepsi adalah waktu yang paling baik atau disebut ‘critical period’ dari perkembangan tumor otak, dikatakan Dr. Bunin.

Meski demikian kenyataannya banyak ibu hamil yang tidak menyadari kehamilannya pada minggu-minggu pertama. Pada penelitian tersebut juga dinilai bagaimana kebiasaan makan saat hamil, seperti banyaknya menyantap makanan daging ham, hot dog, ikan asap, saos dll. Dr. Bunin menjelsakan meskipun jenis makanan tersebut merupakan penyebab terjadinya tumor sistem saraf pada hewan, ternyata tidak ditemukan bukti bahwa jenis makanan tersebut berisiko meningkatkan tumor otak anak yang ibunya sering mengkonsumsi makanan tersebut selama kehamilannya.  Mengkonsumsi multivitamin pada minggu-minggu pertama kehamilan sangat membantu mencegah terjadinya defek neural tube, juga mencegah berbagai macam jenis tumor otak dengan sangat baik, dr. Bunin menjelaskan.


Leave a Reply

*

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2017 NursingBegin.com.