PostHeaderIcon Penanggulangan Bencana Internal Rumah Sakit Dari Bahaya Gempa Bumi


Penanggulangan Bencana Internal Rumah Sakit Dari Bahaya Gempa Bumi. Kemungkinan bencana yang terjadi di rumah sakit adalah kebakaran, gempa bumi, ancaman bom, kecelakaan oleh karena zat berbahaya, kejadian luar biasa penyakit. Dalam artikel ini akan dijelaskan penanganan bencana gempa bumi sebagai berikut :

Penanganan Jika Terjadi Gempa Bumi

Disaat gempa bumi mengguncang secara tiba-tiba, tetaplah tenang, jangan panik. Gempa yang kecil mungkin tidak berbahaya dan hanya berlangsung beberapa detik. Namun jika goncangan terasa kuat, berikut petunjuk yang dapat dijadikan pedoman:

Jika Sedang Berada Di Dalam Ruangan

Merunduklah, lindungi kepala dan beranjaklah beberapa langkah menuju tempat yang aman. Jangan berlari keluar ruangan karena kemungkinan semua orang akan berlari ke pintu keluar, yang berakibat lari berdesakan dan itu malah membahayakan. Tetap tenang, berlindung di bawah meja yang cukup kuat, jangan berada di bawah lampu, dekat cermin atau benda-benda dari kaca, menjauh dari lemari yang tinggi atau benda-benda yang berpotensi menimpa kita.

Jika disaat gempa bumi kita kebetulan berada di dapur, tetaplah tenang, segera matikan kompor yang menyala, segera berlindung di bawah meja yang cukup kuat.

Pasien yang sedang dirawat, jika memungkinkan berlindung di bawah tempat tidur atau di bawah brankard. Untuk pasien yang tidak bisa mobilisasi, lindungi kepala pasien dengan bantal atau kasur.

Tetap berada di dalam ruangan sampai gempa berhenti dan pastikan jika sudah aman boleh keluar dengan tertib menuju pintu keluar atau tangga darurat, jangan menggunakan lift.

Jika Sedang Berada Di Luar Gedung

Cari titik aman yang jauh dari bangunan, pohon besar, kabel, tiang listrik, jangan berdiri di jembatan atau di bawah jembatan. Rapatkan badan ke tanah. Tetap tenang, jangan menimbulkan kepanikan atau ikut panik.

Jika Sedang Berada Di Dalam Lift

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sekali-kali menggunakan lift disaat terjadi gempa bumi. Listrik bisa tiba-tiba padam dan kita terjebak di dalam lift. Namun jika disaat gempa terjadi kita sedang berada di dalam lift, begitu merasakan adanya goncangan, maka tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah cari tempat yang aman, berlindung di bawah meja tunggu sampai gempa berhenti.

 

 

Artikel Lainnya:

  1. Penanggulangan Bencana Rumah Sakit Dari Kebakaran
  2. Pedoman Keselamatan Pasien Rumah Sakit
  3. Model Triage Di IGD
  4. Kepuasan Kerja Perawat
  5. Protap Pengambilan Darah Vena

 

 

 


Leave a Reply

*

Download ASKEP

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2016 NursingBegin.com.