PostHeaderIcon Pentingnya Mengenalkan Makanan Padat Pada Anak


mengenalkan-makanan-padat-pada-anakMPASi atau makanan pendamping ASI merupakan makanan non cair yang baru bisa diberikan kepada bayi setelah berusia 6 bulan. Tujuan memberikan makanan padat adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi yang sudah tidak bisa lagi dipenuhi hanya dengan ASI.

Selanjutnya anak diberikan makanan padat yang disesuaikan dengan usianya. Misalnya pada usia satu tahun anak dapat diperkenalkan dengan nasi tim halus yang dilengkapi dengan sayuran seperti wortel / bayam ditambah daging ayam / sapi yang sudah dicingcang.

Di usia tiga tahun ke atas, anak sudah dapat memakan makanan rumah dalam jumlah dan ragam terbatas sampai di usia 5 tahun ke atas sudah ikut memakan makanan orang tua. Setiap makanan padat yang diberikan komposisinya lengkap dan seimbang karena memenuhi unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Mengkonsumsi makanan padat di usia enam bulan bertujuan melatih bayi untuk mengunyah terlebih dahulu sebelum menelannya. Dalam proses mengunyah, gigi bayi yang masih berada di dalam gusi akan terangsang untuk tumbuh ke permukaan. Dalam usia satu tahun diharapkan anak sudah dapat menerima makanan padat keluarga sehari-hari.

Anak yang dibiasakan mengunyah makanan tepat pada waktunya memiliki otot mengunyah yang kuat. Selain itu, pertumbuhan gigi dan gerahamnya juga bagus. Anak yang hanya mengkonsumsi makanan cair cenderung memiliki geraham berbentuk segitiga yang secara estetika mengganggu penampilan. Pertumbuhan gigi juga akan kecil-kecil dan meruncing seperti gigi tikus.

 

Melatih Anak Terbiasa Makanan Padat

Jika anak terbiasa memakan makanan padat membuat anak mudah menerima makanan dewasa nantinya. Di usia tiga tahun, anak sudah dapat menikmati makanan rumah yaitu masakan yang dimasak oleh ibu. Hal ini memberikan penghematan yang signifikan pada keuangan keluarga karena orang tua tidak perlu menyediakan biaya berlebihan untuk membeli susu.

Makan makanan rumah bersama juga baik untuk perkembangan emosi sosial anak karena anak dapat duduk bersama dengan orang tua di meja makan. Dalam situasi ini dapat dikembangkan obrolan keluarga yang intim dan harmonis, sekaligus kesempatan bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai moral yang dianut keluarga. Orang tua juga dapat mengajari anak tentang  sopan santun di meja makan.

 

Sediakan Makanan Segar Pada Anak

Makanan padat yang disediakan ibu, diolah dari bahan-bahan yang segar, misalnya sayur, buah, daging atau tahu tempe. Bahan-bahan ini kemudian diolah dengan cara yang higienis di rumah. Sangat dianjurkan agar ibu mengolah bahan makanan ini dengan kreatif sehingga yang tersaji setiap hari adalah menu-menu yang beragam meskipun bahan dasarnya mungkin sama. Salah satu faktor yang mendorong tumbuhnya nafsu makan pada anak adalah menu yang variatif serta disajikan dengan menarik.

Kandungan serat pada makanan padat sangat baik terhadap kesehatan pencernaan anak. Mereka menjadi lancar dan rutin dalam BAB. Pencernaan yang sehat merupakan syarat tumbuh kembang yang optimal.

Pertahanan tubuh dimulai dalam sistim pencernaan yang sehat. Untuk itu, keseimbangan antara jumlah bakteri baik dan jahat dalam saluran pencernaan anak perlu dijaga dengan asupan makanan yang menguntungkan bakteri baik. Beragam bahan makanan seperti pisang, wortel, brokoli, kacang-kacangan, serta ikan sangat baik untuk menjaga keseimbangan flora usus. Artinya anak harus dilatih memiliki pola makan bergizi seimbang yang diterapkan melalui pengenalan ragam bahan makanan dan pengolahan yang bervariasi.

Fungsi pencernaan yang baik, salah satunya ditandai dengan keluarnya ampas makanan dalam waktu 24 jam. Jika waktu transit makanan ini terlalu cepat misalnya dalam keadaan diare atau bahkan terlalu lama misalnya sembelit, gangguan ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak kesehatan yang buruk pada anak.

 

 

Artikel Lainnya:

  1. Tips Mengatasi Anak Susah Makan
  2. Teknik Pijat Bayi
  3. Askep Anak Dengan Encephalitis
  4. Kesehatan Ibu Dan Anak
  5. Alergi Makanan Pada Anak

 

 


Leave a Reply

*

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2017 NursingBegin.com.