PostHeaderIcon Penyebab Penurunan Daya Konsentrasi


Kurang konsentrasi menjadi salah satu penyebab terjadinya kesalahan dalam melakukan pekerjaan. Kesalahan kecil yang mungkin bisa berakibat fatal seperti kehilangan kunci kendaraan disaat harus buru-buru berangkat ke kantor padahal beberapa saat yang lalu kunci sudah dalam genggaman, tidak ketemu file yang barusan diketik padahal harus di print sekarang, dan berbagai kesalahan -kesalahan lainnya yang seharusnya tidak terjadi disaat genting.

Kesalahan demi kesalahan bisa saja terjadi akibat dari kurangnya konsentrasi dalam mengerjakan suatu hal, mungkin karena aktifitas Anda terlalu padat dimana tidak ada waktu untuk beristirahan walau hanya sesaat. Bukannya pekerjaan menjadi cepat kelar, tapi akhirnya malah berantakan. Tentu hal ini membuat produktivitas malah menurun.

Beberapa penyebab penurunan daya konsentrasi

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan daya konsentrasi sehingga membuat kita mudah melupakan suatu hal yang penting yang seharusnya tidak terjadi, diantaranya adalah kondisi badan yang kurang fit akibat dari kurang tidur, pikiran dalam kondisi stress dan sebagainya. Berikut kami uraikan beberapa penyebab terjadinya penurunan daya konsentrasi.

Kurang Tidur

Begadang hingga dini hari, membuat waktu tidur menjadi berkurang apalagi keesokan harinya kita harus berangkat pagi-pagi ke kantor. Saat mengerjakan pekerjaan di kantor malah rasa kantuk datang mengganggu, konsentrasi pun akan menurun, emosi menjadi tidak stabil. Kadang malah cepat tersinggung, mudah marah, pikiran jadi kalut.

Jadi seperti lagunya Bang Haji jangan terlalu banyak begadang apalagi jika tidak ada gunanya, karena malah bikin masalah.

Terlalu Banyak Stres

Volume pekerjaan yang overload, harus dikerjakan tepat waktu, dikejar deadline, dimarahi atasan, sehingga membuat pikiran menjadi stres. Jika kondisi ini terjadi setiap hari, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu maka membuat pikiran terlalu banyak stres. Dalam kondisi ini menyebabkan fungsi pusat kognitif di otak mengalami penurunan kinerja sehingga daya konsentrasi malah menurun.

Jadi harus diluangkan waktunya disela-sela pekerjaan yang menumpuk untuk melakukan istirahat sejenak seperti relaksasi, meditasi atau melakukan hobi misalnya bermain badminton, bermain gitar, memberi pakan ikan di aquarium untuk melepas penat.

Rasa Cemas Berlebihan

Disaat pikiran terganggu oleh rasa cemas yang berlebihan, sehingga tanpa disadari pikiran akan terfokus kepada rasa cemas tersebut, menyebabkan daya konsentrasi terhadap suatu pekerjaan malah menurun. Jika hal ini terjadi, hentikan sejenak dari pekerjaan Anda, lakukan relaksasi, berdoa dan yakinlah bahwa Tuhan pasti memberikan jalan keluar terhadap permasalahan Anda. Cari penyebab kecemasan Anda, temukan jalan keluarnya.

Pengaruh Obat-obatan Tertentu

Saat daya konsentrasi mulai menurun padahal Anda sedang melakukan suatu pekerjaan yang membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi, walaupun tadi malam punya waktu yang cukup untuk beristirahat, coba Anda ingat apakah Anda sedang mengkonsumsi suatu obat ? Ya, ternyata ada beberapa obat yang memiliki efek samping menurunkan daya konsentrasi seperti obat antihistamin, anti depresan, dimana rasa kantuk yang ditimbulkan oleh obat ini tergolong cukup lama. Jadi berhati-hatilah saat meminum obat, pastikan obat tersebut tidak menimbulkan rasa kantuk.

Menopause pada Wanita

Masa menopause pada wanita merupakan hal yang alamiah terjadi di usia 45 – 65 tahun. Pada masa ini wanita tidak lagi mengalami menstruasi, terjadi gejala yang diberi nama hot flashes (semburan panas), kekeringan pada vagina, hingga masalah penurunan daya konsentrasi. Hal ini terjadi akibat dari ketidak seimbangan hormone estrogen dalam tubuh.

Jika masalah ini sampai mengganggu aktivitas, bisa konsultasi kepada dokter. Dokter akan memberikan terapi hormon untuk menyeimbangkan kembali hormon-hormon dalam tubuh yang mengalami gangguan tersebut.

Rendahnya Kepuasan Kerja

Disaat kita menikmati pekerjaan kita maka tanpa disadari kita melakukannya dengan penuh antusias, semangat, tanpa mengenal lelah dan pada akhirnya mampu meningkatkan kepuasan kerja. Namun akan berbeda situasinya jika kita dalam kondisi kepuasan kerja yang menurun oleh karena suatu alasan. Dalam pikiran hanya terlintas ratapan penderitaan tentang nasib pekerjaannya. Semangat kerja menurun, konsentrasi juga menurun sehingga produktivitas juga ikut menurun. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pergi menghadiri seminar motivasi atau pindah kerja.

Ternyata banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya penurunan daya konsentrasi yang mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai hal ini terjadi berlarut-larut yang pada akhirnya akan merusak karir kita sendiri. Kenali dulu penyebab penurunan daya konsentrasi kita, kemudian cari solusinya.

Kurang Latihan

Latihan atau olah raga regular terbukti bisa mempertajam pikiran serta meningkatkan pembelajaran dan kapasitas memori Anda. Berkeringat juga membantu membakar kalori. Kalori berlebihan bisa meningkatkan resiko gelisah dan dengan olah raga bisa membuat Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih baik.


Leave a Reply

*

Download ASKEP

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2016 NursingBegin.com.