PostHeaderIcon Tips Membersihkan Telinga Dengan Aman


Ketika telinga terasa gatal, biasanya apa yang kita lakukan ? Biasanya sih ngambil cotton bud trus berusaha memasukkan ke telinga bertujuan untuk membersihkannya. Kalau jaman dulu biasa menggunakan ujung bulu ayam, atau peniti, jepitan rambut ada juga lidi yang ujungnya dipilin kapas. Tentu bahan – bahan tersebut kemungkinan saja tidak bersih bahkan beresiko mengiritasi dinding telinga.

 

Kotoran Telinga

Kotoran telinga atau bahasa medisnya disebut serumen merupakan cairan lendir yang diproduksi oleh kelenjar pada kulit di lubang telinga. Serumen ini penting sekali untuk menangkal benda-benda asing seperti debu, serangga, agar benda – benda tersebut tidak masuk ke bagian telinga yang lebih dalam.

Dalam situasi normal sebenarnya organ telinga kita memiliki mekanisme self cleansing dengan mendorong kelebihan serumen menuju keluar tubuh secara perlahan. Jadi tanpa dibersihkan pun telinga sudah bisa membersihkan dirinya sendiri, cuma waktunya pada masing – masing orang berbeda – beda tergantung anatomi serta kecepatan produksi serumen di telinga.

Tetapi pada bayi dan anak-anak, mekanisme ini belum berjalan sempurna, sehingga tidak jarang serumen hanya menumpuk di dalam liang telinga bahkan dalam waktu lama serumen akan mengeras dan menyumbat liang telinga. Hal ini menyebabkan pendengaran anak terganggu, adanya rasa gatal dan nyeri di telinga dan sering kali pada bayi malah menyebabkan peningkatan suhu tubuh.

 

Tips Membersihkan Telinga Secara Aman

Menurut beberapa dokter spesialis THT ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menjaga kebersihan telinga secara aman agar terhindar dari hal-hal yang justru dapat merusak telinga antara lain :

  1. Saat membersihkan telinga hendaknya tidak menggunakan alat tajam yang dapat mengiritasi telinga seperti penjepit rambut, bulu ayam, lidi dan sebagainya. Penggunaan cotton bud, kapas, tissu boleh saja digunakan untuk menjaga kebersihan telinga namun hanya pada telinga bagian luar saja. Jangan sekali – kali memasukkan cotton bud dan sebagainya ke lubang telinga.
  2. Jika terpaksa harus menggunakan cotton bud, sebaiknya pilih yang kualitasnya bagus, agar bagian kapasnya tidak tertinggal di liang telinga atau tangkainya patah. Dan saat menggunakannya tidak boleh bergesekan dengan dinding liang telinga karena dapat menyebabkan iritasi.
  3. Saat membersihkan telingan dari serumen yang mengeras, lebih baik dengan cara irigasi. Caranya adalah dengan terlebih dahulu meneteskan baby oil sebanyak 5 tetes ke dalam liang telinga (telinga menghadap ke atas), kemudian tunggu kurang lebih 15 menit sampai serumen menjadi lunak. Setelah itu masukkan air hangat ke dalam spuit 5 cc (tanpa jarum) terus semprotkan pelan-pelan ke dalam liang telinga sampai semua kotoran keluar (kepala posisi tegak). Lakukan berulang-ulang sampai bersih, kemudian keringkan daun telinga dengan kain lembut.
  4. Jika ada keluhan pada telinga, misalnya nyeri, gangguan pendengaran, terdapat serumen yang mengeras sampai menyumbat liang telinga, jangan sekali-kali mengorek telinga, lebih baik segera periksa ke dokter spesialis THT agar mendapatkan penanganan yang benar.

Leave a Reply

*

Download ASKEP

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2016 NursingBegin.com.