PostHeaderIcon Tips Menjaga Kesehatan Mata


Mata sebagai salah satu panca indra kita memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Dunia yang begitu indahnya tidak akan dapat dinikmati jika mata kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kita mesti bersyukur dianugerahi oleh Tuhan karena memiliki organ satu ini, dan tentu saja kita harus menjaganya dengan sebaik-baiknya.

Mungkin lebih dari separuh waktu dalam sehari kita gunakan untuk membaca. Pagi sebelum berangkat ke kantor, saat dikantor, saat di rumah pun kita sering membawa tugas kantor, malam sebelum tidur juga kita gunakan untuk membaca, baik membaca pada media cetak, media televisi, sampai tablet atau komputer yang memiliki tingkat radiasi tertentu.

Jika kebiasaan membaca ini salah atau sikap dan posisi membaca yang salah, dalam waktu lama tentunya akan mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan pada mata. Gangguan yang biasa terjadi berupa gangguan kontraksi lensa mata seperti mata minus atau plus, atau silinder, mata rabun serta katarak. Jika hal ini terjadi tentu akan berdampak pula terhadap kinerja kita.

Oleh sebab itu kita berkewajiban memelihara mata kita agar tetap sehat dan berfungsi optimal dengan melakukan kebiasaan yang benar dan dibantu dengan nutrisi yang baik. Berikut tips memelihara kesehatan mata yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Yang paling dominan adalah kebiasaan membaca. Hal yang perlu diperhatikan dalam kebiasaan membaca adalah :

1. Perhatikan jarak ideal dalam setiap kali membaca buku. Jarak yang benar antara mata dengan buku yang dibaca adalah 30 cm. Untuk itu sebaiknya biasakan membaca buku dengan cara duduk tegak dan buku ditaruh di atas meja. Jangan membungkuk karena tanpa disadari posisi membungkuk membuat jarak mata ke buku akan berkurang dari jarak ideal. Kebiasaan membaca buku terlalu dekat dapat membuat mata minus karena lensa mata terlalu dipaksa berkontraksi.

2. Jangan sekali-kali membaca buku sambil tiduran. Karena hal yang terjadi biasanya jarak ideal mata dengan objek yang dibaca tanpa disadari berkurang dari jarak ideal.

3. Perhatikan penerangan disekitar saat membaca. Penerangan yang terlalu redup akan memaksa mata untuk bekerja maksimal sehingga membuat mata cepat lelah dan dalam jangka panjang dapat membuat kerusakan persyarafan mata.

4. Jangan lupa untuk istirahat disela-sela aktivitas membaca. Idealnya kita berada di atas buku atau dihadapan komputer maksimal selama satu jam. Setelah itu kita harus mengistirahatkan mata dengan cara berdiri kemudian berjalan ke luar ruangan untuk memandang benda-benda yang jauh agar memberikan kesempatan mata tidak terforsir untuk berkontraksi. Setelah beberapa saat baru boleh kembali membaca atau mengerjakan tugas di komputer.

5. Ingat untuk selalu membasahi bola mata dengan cara berkedip. Semakin intens kita membaca atau memperhatikan suatu objek di layar komputer biasanya frekuensi kedipan mata semakain jarang. Hal ini membuat permukaan bola mata menjadi kering. Maka selalu ingat untuk berkedip saat membaca atau menatap layar komputer.

6. Jangan biasakan mengucek mata. Bagi beberapa orang mengucek mata menjadi kebiasaan disaat mata terasa lelah atau terasa gatal. Seringkali tangan yang dipakai mengucek mata justru menjadi media penularan penyakit, sehingga seringkali terjadi peradangan pada mata.

Selain melakukan kebiasaan yang benar, perlu juga menjaga kesehatan mata dengan cara diet yang benar dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata, antara lain :

1. Banyak makan makanan yang mengandung vitamin A dan beta karoten untuk menjaga kesehatan mata misalnya wortel, ubi jalar.

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber lutein dan zeaxantin untuk mencegah penyakit katarak, penurunan penglihatan yang terdapat pada sayuran berwarna hijau seperti bayam, atau telur terutama kuning telur.

3. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C misalnya buah jeruk, brokoli, ubi jalar untuk mencegah katarak dan penurunan daya penglihatan.

4. Perbanyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk memenuhi nutrisi organ mata agar tetap berfungsi optimal seperti ikan salmon dan sarden.

Yang tidak kalah penting untuk tetap menjaga kesehatan mata adalah berhenti dari kebiasaan merokok. Rokok yang ternyata mengandung 4000 macam zat kimia dan 40 diantaranya sangat berbahaya bagi kesehatan si perokok sendiri dan juga berbahaya bagi keluarga sekitarnya sebagai perokok pasif. Kandungan bahan rokok sangat merugikan untuk kesehatan mata yang dapat menyebabkan katarak serta kerusakan persarafan di organ mata.

 

Artikel Lainnya:

  1. Tips Mengatasi Kantung Mata
  2. Cara Memotong Kuku Jari Yang Benar
  3. Tips Sehat Bagi Penderita Kencing Manis
  4. Tips Sehat Memutihkan Kulit
  5. Cara Pemberian Obat

 

 

 


Leave a Reply

*

Download ASKEP

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2016 NursingBegin.com.