PostHeaderIcon Tips Menyisir yang Benar


Tips Menyisir Rambut yang Baik dan Benar

Rambut adalah mahkota, memang benar ungkapan tersebut karena keindahan rambut seseorang bisa meningkatkan atau  menambah keindahan penampilan seseorang. Jadi begitu pentingnya bagian tubuh ini sehingga banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk perawatannya.

menyisir-rambutRambut yang panjang, hitam berkilau, mudah ditata adalah idaman setiap orang apalagi bagi seorang perempuan. Namun apa jadinya, bila rambut  tidak ditata dengan baik. Rambut akan menjadi kusut, tidak rapi dan bahkan rusak atau rontok. Karena itu, Anda perlu memperhatikan cara-cara praktis dalam menjaga keindahan rambut.

Menyisir rambut, memang  terdengar sepele, namun menyisir bukanlah sekedar meratakan rambut atau sekedar mengurangi bagian yang kusut.

Dengan teknik khusus, Anda dapat menyisir rambut sehingga terlihat anggun dan mempesona.

Lalu  apa saja yang perlu diperhatikan saat sedang menyisir?

Kenali Jenis dan Fungsi Sisir

Beraneka ragam bentuk sisir bukan dibuat hanya sekedar untuk menghibur penggunanya karena keunikan bentuknya. Lebih dari itu,

sisir dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut adalah berbagai jenis sisir yang perlu Anda ketahui:

Tooth Comb

tooth-comb

Sisir jenis ini paling banyak digunakan. Bentuknya yang lurus pipih dengan gerigi membuatnya sangat praktis untuk dibawa. Berdasarkan kerapatan gerigi atau giginya, sisir ini dapat dibagi menjadi sisir bergigi rapat dan sisir bergigi jarang. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan ketebalan rambut, jenis rambut, dan panjang pendek rambut.

Semakin rapat gigi sisir berarti kemungkinan rambut rontok semakin besar terlebih jika rambut kusut, tetapi hasilnya rambut akan lebih rapi.

Tail Comb

tail-combFungsinya untuk menyasak rambut. Oleh karena itu, sisir ini sering disebut sebagai sisir sasak. Mempunyai gigi yang rapat pada setengah bagiannya, sedangnkan setengah bagian sisanya tidak bergerigi menyerupai ekor sisir. Ekor ini juga berfungsi untuk memisahkan bagian rambut atau membentuk belahan rambut untuk dibentuk kepang, curly, atau tatanan rambut lainnya. Jarak antar gigi yang rapat akan memudahkan untuk menyasak rambut sebelum disanggul.

The Pick

the-pickDikenal juga dengan nama sisir garpu karena bentuknya yang menyerupai garpu makan. Bentuknya yang mudah dipegang dan unik membuatnya disukai. Sisir jenis ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki rambut keriting karena dapat memisahkan rambut ikal atau keriting yang sulit dipisahkan dengan lebih baik. Selain itu, sisir ini juga dapat mempertegas gelombang rambut.

Paddle Hair Brush

paddle-hair-brushSikat rambut ini disebut juga sisir dayung. Sisir ini memiliki dasar berupa bantalan karet yang lebar dan rata. Cocok digunakan untuk rambut lurus karena akan membuat rambut terlihat lebih lurus dan rapi.

Round Hair Brush

round-hair-brushSisir bulat atau sikat bulat ini dapat membuat rambut menjadi lebih berisi, ikal, atau bergelombang. Dalam ukurannya, terdapat sikat dengan diameter lingkaran kecil dan lebih besar. Jika diameternya kecil dan memiliki gerigi yang panjang, maka hasil keriting yang dihasilkan akan lebih kecil-kecil. Untuk Anda yang memiliki rambut pendek dan ingin membentuk efek keriting dapat menggunakan sikat dengan diameter kecil agar tatanan rambut lebih rapi. Dengan diameter yang besar, hasil dari penggunaannya adalah membuat rambut bergelombang. Cocok digunakan Anda yang berambut panjang dan ingin membentuk keriting pada bagian bawah rambut.

Vent Hair Brush

vent-hair-brush1Memuliki lubang pada bagian tengahnya atau pada pangkal asal gigi. Lubang ini berfungsi sebagai sirkulasi udara dan mempercepat proses pengeringan rambut. Sikat ini biasa digunakan saat proses pengeringan rambut dengan hair dryer. Umumnya berbentuk bulat sehingga sikat ini memiliki fungsi tambahan untuk menambah volume rambut.

Tips menyisir rambut yang baik dan benar:

Hindari Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Setelah keramas keringkan dengan handuk  tetapi setelah itu rambut jangan dibalut dengan handuk, biarkan saja rambut mengering dengan sendirinya. Saat menyisir rambut, gunakanlah sisir yang bergerigi jarang untuk menghindari kerontokan rambut. Yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan hairdryer karena akan merusak kelembaban rambut. Setelah rambut mengering sebaiknya jangan mengikat atau menjepitnya, karena akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sebaiknya biarkan rambut tergerai.

Posisi badan saat menyisir

Pada saat menyisir sebaiknya posisi badan membungkuk ke depan agar rambut jatuh melampaui badan Anda. Lalu sisir rambut mulai dari ujung rambut. Kemudian berdirilah tegak dan biarkan rambut jatuh secara natural dan sisir dari bagian dalam rambut,

dari pangkal ke ujungnya. Kemudian sisir bagian paling atas ke tempatnya dengan gerakan teratur.

Lakukan Dengan Satu Tarikan

Ini mungkin terdengar sangat teknis, tapi justru ini yang penting untuk Anda ketahui. Sisirlah rambut mulai dari akar hingga ujung dalam satu tarikan. Ini berfungsi untuk meratakan minyak alami rambut agar sampai ke ujung rambut supaya tidak bercabang atau rapuh.

Uraikan bagian rambut yang kusut. Kusut menandakan ada kotoran yang menempel pada

rambut Anda. Oleh karenanya jika ada bagian rambut yang kusut, sisirlah terlebih dahulu. Menyisir rambut yang kusut bisa menghilangkan kotoran yang menempel.

Jangan Menyisir Rambut Sebelum Tidur

Ini ringan untuk dilakukan, tapi resikonya tak seringan yang Anda bayangkan. Jika selama ini Anda punya kebiasaan menyisir sebelum tidur,  mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut. Menyisir rambut sebelum tidur hanya akan menimbulkan stimulasi terhadap produksi sebum dan dapat merusak rambut serta membuat rambut Anda menjadi rapuh.

Bersihkan Sisir Secara Teratur

Cobalah sedikit meluangkan waktu untuk membersihkan sisir. Paling tidak sekali dalam satu minggu. jika sisir tidak dicuci, banyak sekali kotoran yang tertinggal, dan kotoran tersebut bisa menempel kembali pada rambut. Anda bisa melakukannya dengan merendam sisir dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sampo. Jika tidak ada, soda juga bisa dijadikan pengganti sampo.

Hindari Tukar Menukar Sisir

Kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda. Sisir yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok untuk orang lain. Dan yang lebih penting lagi, jangan sampai Anda tertular masalah kulit kepala dari orang lain.


One Response to “Tips Menyisir yang Benar”

Leave a Reply

*

Download ASKEP

Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Tukar Link ?
Copy kode dibawah ini, kemudian paste di blog Anda:


Tampilan akan seperti ini :

Langganan Artikel
Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz
Menu Anak


Copyright © 2008 - 2017 NursingBegin.com.